Sabtu, 19 Februari 2011

Pembuatan Direktori Masjid

gambar 1: Dari depan : Luqman Efendi (sendiri), Lardi dan Pujianto (berboncengan)
 Di mulai bulan Desember 2010 KUA bertekad akan mendata dan memotret masjid, langgar dan musholla di wilayah kecamatan Pracimantoro. Pendataan dimaksud untuk dibuat Direktori Masjid. Team pendata masjid menjelajah kampung, pelosok dan pegunungan untuk mendapatkan data dan foto masjid. Tidaklah semudah yang direncanakan sebelumnya di dalam membuat direktori masjid. Untuk menjelajar 18 Desa/kelurahan dengan medan yang pegunungan, jarak kampung yang satu dengan lainnya juga berjauhan melawati lembah dan gunung, mengakibatkan memerlukan waktu yang cukup lama. Belum lagi diatmbah pengisian data yang terkadang tidak dapat diperoleh di tempat karena pengurus atau penduduk sedang berada di ladang. Hmm..... gak apa lah. Semoga saja dalam waktu dekat dapat diwujudkan.... "Yakin Usaha Sampai "... Iya kan?
gambar 2: Slameto dan Pujianto, berhenti sejenak melepas lelah sambil berpose dengan latar pegunungan.
 
Tampak pada gambar, gunung bebatuan dan lembah curam di kanan kiri jalan. Medan yang sulit bukan menjadi halangan untuk terus didaki. Yang penting foto masjid dapat didapat, sambil sillatuhim dan touring.

gambar 3: Luqman Efendi, ingin juga berpose dengan latar batu di pinggir jalan. Seakan berkata : Lihatlah pemandangan di belakangku, bagus kan?"...
  " Hai, Pak Slameto..! Ayo aku dipoto di depan masjid nich....." Luqman minta pada rekannya yang sedari tadi nampak senyam-senyum saja....

 Di antara masjid dan langgar di pelosok ternyata ada yang masih memprihatinkan, meski ada pula yang cukup memadahi. Tampak pada gambar, team sedang mencatat nama masjid, lokasi dan ukuran serta data lainnya.
 
Selain pegunungan, Pracimantoro juga memiliki beberapa telaga. Di antaranya terdapat di Watangrejo seperti dalam gambar di atas ini.
Ini adalah maasjid terbaik dari sisi konstruksi. Berada di Desa Sedayu. Merupakan pembangunan yang didanai oleh perorangan yang baerhasil mendapatkan rejeki melimpahdari ALLOH SWT.

1 komentar:

Masya Allah, salut bangeet, thanks jihadnya untuk mendata masjid. Saya tambahi dengan Peta Data Masjid menggunakan Google Maps. Semoga bermanfaat --> http://kimia.unnes.ac.id/kasmui/masjid/

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites